MOTIF PEMANFAATAN LAYANAN ELEKTRONIK TIKET (E-TICKETING) OLEH PENGGUNA KERETA API
Berikut adalah review yang saya buat dari jurnal "Motif pemanfaatan layanan elektronik tiket oleh pengguna kereta api di Surabaya".
Pada saat
ini, masyarakat telah banyak mengalami perkembangan dalam kehidupannya. Kini masyarakat
mulai memasuki era informasi. Perkembangan globalisasi informasi yang didukung
oleh kemajuan teknologi kini telah mengubah aspek-aspek tradisional masyarakat.
Sehingga adanya hal tersebut tentu akan mempermudah masyarakat dalam menjalani
kehidupannya.
PT. Kereta
Api Indonesia (PT. KAI) memanfaatkan perkembangan teknologi yang terjadi. Sebagai
angkutan massal, PT. KAI saat ini meningkatkan pelayanan dengan mengembangkan
sistem pembayarannya dengan E-Ticketing. Hal ini bertujuan untuk memundahkan
para calon penumpang untuk membeli tiket.
Teknologi e-ticketing
pertama kali di adopsi oleh industry pesawat terbang dengan sistem pemesanan
tiket secara online. Seiring dengan kemajuan teknologi serta inovasi baru,
sistem e-ticketing dikembangkan pada model transportasi lainnya.
Dari
penelitian yang telah dilakukan di jurnal yang say abaca dapat disimpulkan
bahwa pertama motif pengguna kereta api memanfaatkan e-ticketing yakni terdapat
dua motif, yakni because motive dan in order to motive. Motif pertama adalah
motif sebab (because motive). Motif sebab merupakan motif yang merujuk pada
pengetahuan masa lalu karena itu motif ini berorientasi pada masa lalu. Pada motif
sebab dikategorikan menjadi beberapa factor yang melatar belakangi seseorang
menggunakan e-ticketing. Terdapat factor percaya (Trusted), Latar belakang
pengalaman antri, Kemudahan pembelian tiket (Aksesbilitas), dan juga ketepatan
penyampaian informasi (Validitas). Motif kedua yakni motif tujuan (in order to
motive). Motif tujuan merupakan tujuan yang digambarkan sebagai maksud,
rencana, harapan, minat dan sebagaimana yang diorientasikan untuk masa depan.
pada motif tujuan dapat dikategorikan menjadi beberapa factor yang menjadikan
tujuan atau harapan orang memanfaatkan e-ticketing. Terdapat factor efisiensi
waktu dan biaya, mengikuti zaman, juga factor keamanan (privasi) dan
kenyamanan.
Persepsi layanan
e-ticketing para pengguna tentang jasa layanan online ticket mengakui cukup
puas dan kurang puas terhadap layanan e-ticketing yang diluncurkan PT. KAI saat
ini. Informan yang mengaku puas berpendapat bahwa sistem online saat ini yang
mempermudah calon penumpang yang akan membeli tiket. Dalam proses pembelian
tiket melalui aplikasi smartphone dan juga website KAI pelayanannya sudah
dilengkapi dengan info pemandu yang menuntun informan dalam proses pembelian
tiket. Sehingga informan dengan mudah tinggal mengikuti proses yang ada. Sementara
informan yang mengaku kurang puas dengan layanan e-ticketing banyak yang
mengeluhkan tentang computer yang digunakan eror selain itu yang melakukan
proses online tiket melalui website resmi juga merasakan server error saat
melakukan proses online tiket sehingga harus melakukan ulang prosesnya.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.co.id/url?q=http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/16842/39/article.pdf&sa=U&ved=0ahUKEwjRrrvOh9fWAhUCNI8KHQe3CbUQFggOMAQ&usg=AOvVaw0EpTuKaFGQacSsmp5-KPFC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar